Dukung Penanggulangan Bencana Alam, TNI Bentuk Batalyon Kesehatan

0
31
Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Utara, Marsekal Madya Fahru Zaini Isnanto (tengah), saat membuka seminar di Solo, Jumat (15/11)

Solo – Tentara Nasional Indonesia (TNI) tengah mempersiapkan batalyon kesehatan (Yonkes) untuk membantu percepatan penanggulangan berbagai macam bencana alam yang sering terjadi di wilayah Indonesia.

Kepala Lembaga Kedokteran Gigi Militer, Laksamana Pertama TNI drg R Indra Primadya, mengatakan, kondisi Indonesia yang berada di ring of fire, banyak terjadi bencana alam perlu adanya sebuah unit khusus yang mampu bergerak cepat menanggulangi kebencanaan.

“Keberadaan Yonkes akan memberikan percepatan penanggulangan kebencanaan,” kata Indra di sela sela Seminar Second International Military Dentistry Forum (IMDF) 2019 dengan tema ‘Peningkatan Kompetensi Dokter Gigi Militer dalam Manajemen Bencana’ di Solo, Jumat (15/11).

Sementara itu, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Utara, Marsekal Madya Fahru Zaini Isnanto, saat membuka seminar, mengatakan, TNI selain melaksanakan operasi militer, juga memiliki tugas pokok menggelar operasi selain perang, di antaranya membantu penanggulangan bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Lanjut, Fahru matra TNI AU memiliki kecepatan dalam pengiriman personel ke wilayah yang terdampak langsung bencana, seperti yang sudah dilakukan dalam menangani bencana gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, dan Palu, Sulawesi Tengah.

“Dengan alutsista yang kita punyai, maka kita bisa bergerak cepat mengirimkan logistik, dokter, dan paramedis untuk upaya tanggap darurat dan juga pascabencana, sepeti penanganan rehabilitasi dengan pengiriman logistik,” jelasnya.

Ia memaparkan, keberadaan Yonkes TNI AU dan pasukan reaksi cepat bencana (PRCB) akan bergerak cepat begitu mendapatkan perintah dari Panglima TNI.

“Level TNI AU adalah menyiapkan personel, begitu mendapatkan perintah dari Panglima TNI, langsung bergerak ke lapangan,” tandasnya.

Turut hadir dalam pembukaan IMDF 2019 pejabat tinggi Mabes TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Pejabat yang hadir, antara lain Wakil Kepala Staf TNI AU Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, Dewan Penasihat Ipadokgimil Nora Trystiana, Wakapuskes TNI Marsekal Pertama (Marsma) TNI Didik Kestito, Kepala Dinas Kesehatan TNI AL Laksma TNI I Dewa Gede Nalendra, Kolonel Kes Kismanto, dan Kolonel CKM Iwan D.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here