Berikut ini Komite Teknis Yang Terbaik Merumuskan SNI di Tahun 2019

0
35

Jakarta – Berbicara tentang SNI (Standar Nasional Indonesia) tidak hanya sebatas pada penerapan atau bahkan sekedar label, namun juga yang justru sangat perlu menjadi diperhatikan diawal adalah tentang perumusannya.

Perumusan SNI dilaksanakan oleh Komite Teknis (Komtek) yang beranggotakan wakil-wakil pemerintah, pelaku usaha, dan asosiasi, konsumen, pakar, akademisi, serta pihak-pihak berkepentingan lainnya.

Dengan pelibatan beberapa pihak tersebut, SNI pada akhirnya tidak hanya mampu menjamin mutu secara baik, tetapi juga SNI memperoleh keberterimaan yang luas antara para stakeholder.

Untuk yang ke-12 kalinya, Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan penghargaan Herudi Technical Committee Award (HTCA) kepada Komite Teknis Perumusan SNI terbaik. Penghargaan HTCA bertema “SDM Unggul untuk Pengembangan Standar mendukung Pembangunan Berkelanjutan” ini diberikan oleh Kepala BSN, Bambang Prasetya, di Jakarta (20/11).

Selanjutnya Deputi bidang Pengembangan Standar – BSN, Nasrudin Irawan menyampaikan bahwa, Herudi Technical Committee Award (HTCA) ini adalah suatu bentuk penghargaan yang diberikan oleh BSN kepada Komite Teknis Perumusan SNI, yang memiliki kinerja terbaik.

”Mekanisme pemilihan penerima penghargaan tahun ini dilakukan dalam 2 tahap yaitu desk assessment dan onsite terhadap Kriteria penilaian meliputi Pengelolaan Komite Teknis, Pengelolaan Program Nasional Penumusan SNI dan Pemeliharaan SNI.

Tahun 2019, pertama kali penghargaan tertinggi HTCA untuk Komtek yang berkinerja terbaik 5 tahun berturut-turut (2015-2019) dianugerahkan kepada Sekretariat Komite Teknis 65-05 Produk Perikanan, Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Penerima Penghargaan Komite Teknis Terbaik tahun 2019 dianugerahkan kepada 2 (dua) Komtek, yaitu Komite Teknis 65-08 Produk Perikanan Nonpangan, dengan bersekretariat di Direktorat Pengolahan dan Bina Mutu, Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Komite Teknis 35-01 Teknologi Informasi yang bersekretariat di Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Ditjen Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatikas, Kemkominfo.

Dua Nominasi berikutnya dalah Komite Teknis 27-03 Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan yang bersekretariat di Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM dan Sumber Daya Mineral dan Komite Teknis 59-01 Tekstil dan Produk Tekstil yang bersekretariat di Pusat Standardisasi Industri, Badan Penelitian dan Pengembangan Industri, Kemenperin.