KKP Jajaki Kerjasama dengan Prancis Atasi Sampah Plastik di laut

0
11

Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengatakan pihaknya tengah menjajaki kerja sama dengan Prancis dalam rangka mengatasi sampah plastik di laut.

Dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (30/11) menekankan bahwa Indonesia tengah memerangi sampah plastik karena telah menjadi penyumbang sampah ke laut nomor dua di dunia.

“Kami tahu bahwa sumbernya itu bukan hanya dari masyarakat pesisir tetapi juga dari sampah rumah tangga masyarakat umum yang akhirnya bermuara di sungai. Oleh karena itu, kami sedang menggalakkan program mengatasi persoalan ini,” ucapnya.

Sementara itu Dubes Oliver menginformasikan bahwa Pemerintah Prancis melalui Agence Française de Développement (AFD) memiliki kolaborasi dengan Institut Riset dan Pembangunan (IRD) untuk mendapatkan pembiayaan riset pemodelan sampah plastik dari sungai yang bermuara di laut.

“Jika dibutuhkan, kami bersedia untuk berbagi pengetahuan terkait hal ini,” ucap Dubes Prancis.

Menteri Edhy menyambut baik niat Prancis. Dirinya mengatakan saat ini Indonesia terus menggiatkan advokasi dan penyadaran kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here