Industri 4.0 Bakal Dongkrak Produktivitas Produk Manufaktur

0
69

Jakarta – Pemerintah berharap era Industri 4.0 dapat terus mendorong sektor manufaktur Indonesia semakin kompetitif. Dengan demikian, sektor ini akan berperan semakin besar dalam menopang pertumbuhan ekonomi.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Putu Juli Ardika menuturkan, pemerintah akan mempersiapkan segala sesuatu agar Indonesia dapat memanfaatkan era industri 4.0. Persiapan itu termasuk kemudahan dalam berusaha.

“Diharapkan dengan industri 4.0 ini kita akan bisa mengembalikan kemampuan industri manufaktur di dalam perannya untuk ekonomi,” ujar Putu dalam diskusi IDX Channel bertajuk ‘Kesiapan Industri Otomotif Menuju Era 4.0’ di  Jakarta, Rabu (4/12).

Ia meyakini, penerapan Industri 4.0 akan menjadikan produktivitas semakin meningkat. Selain itu, reject breakdown mesin dapat dikurangi signifikan.

“Jika ini tercapai, Indonesia akan semakin kompetitif dan bisa mendorong ekspor ke arah produk-produk industri manufaktur,” terangnya.

Putu berharap, dengan makin kompetitifnya industri Tanah Air, akan semakin meningkat pula pembangunan nasional serta kualitas pekerja.

“Setelah produksi makin bagus, ekspor makin bagus, diharapkan ini berdampak kepada pembangunan ekonomi nasional sampai dengan bagaimana kita mendorong kualitas pekerja kita ke arah yang lebih bagus,” tutup Putu.