Menperin Agus Gumiwang Bakal Selesaikan Permasalahan Harga Gas Hingga IKM

0
30
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jakarta – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengakui selama dua bulan menjabat sebagai Menperin, melihat ada beberapa masalah utama yang terjadi di industri dalam negeri.

“Selama dua bulan sebagai menteri saya rasa ada beberapa masalah utama industri,” kata Agus di Jakarta, Senin (9/12).

Pertama, terkait dengan kelangkaan atau mahalnya bahan baku. Agus menjelaskan salah satu contohnya yaitu harga gas industri yang relatif masih tinggi.

“Gas untuk industri relatif masih tinggi harganya dibandingkan gas untuk industri yang dikenakan di negara-negara lain di kawasan. Ini tentu akan mengganggu atau mengurangi daya saing industri sendiri,” katanya.

Kedua, berkaitan dengan pengembangan kawasan industri. Dirinya mengatakan, akan mendorong pengembangan agar terciptanya kawasan-kawasan industri di luar pulau Jawa.

“Bukan hanya Jawa. Kita akan berupaya agar kawasan-kawasan industri ini nanti ada zonasinya, ada spesialisasinya yang tentu sebisa-bisanya akan kami dekatkan dengan listriknya, airnya, agar industri bisa berjalan dengan lebih efisien,” ungkap Menperin

Selain itu, terkait dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM) dalam perkembangan teknologi 4.0 dan pengetahuan masyarakat terkait dengan pentingnya limbah sebagai bahan baku industri.

Selanjutnya, mengenai Industri Kecil Menengah (IKM), Menperin bilang, perlu adanya revitalisasi teknologi agar lebih efisien dan bisa menghasilkan produksi lebih banyak.