Indonesia Genjot Kunjungan Wisman Malaysia dan Singapura

0
39
Foto Istimewa

Jakarta – Pemerinta berusaha menggenjot angka kunjungan wisatawan mancanegara asal Malaysia dan Singapura di akhir tahun 2019 dengan melakukan sejumlah kegiatan, salah satunya dengan menggandeng platform pemesanan hotel dan tiket Traveloka lewat gelaran “Amazing Deals to Indonesia”.

“Kita target Malaysia dan Singapura karena dua negara itu adalah penyumbang jumlah wisatawan mancanegara tertinggi ke Indonesia,” kata Rizki Handayani, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Jakarta, Selasa (10/12).

Hingga Oktober 2019, sebanyak 241.100 wisatawan asal Malaysia datang ke Indonesia, setara dengan 17,80 persen dari total wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.”

Sementara di periode yang sama, wisatawan Singapura yang bertandang ke Indonesia berjumlah 145.200 orang atau 10,27 persen dari total wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.”

Lewat “Amazing Deals to Indonesia”, diharapkan, market wisatawan Malaysia hingga akhir tahun ini bisa tumbuh mencapai 20 persen sedangkan untuk wisatawan Singapura bisa tembus di sekitar angka 11 persenan dari total wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.

Program “Traveloka Amazing Deals” memberikan penawaran potongan harga berbagai produk dan jasa end to end Traveloka mulai dari akomodasi, paket transportasi dan akomodasi hingga Xperience.

“Pengguna Traveloka di Malaysia dan Singapura akan mendapatkan diskon hingga 20 persen dari hotel yang gabung di program ini. Ada juga tambahan diskon yang diberikan melalui kupon diskon,” kata John Safenson, VP Market Management Accommodation Traveloka.

Destinasi wisata di Indonesia yang ditawarkan di antaranya adalah Medan, Yogyakarta, Semarang, Solo, Bandung, Bali, Lombok dan Surabaya.

Adapun periode penawaran berlaku mulai 1 hingga 31 Desember 2019.

John mengatakan para mitra hotel Traveloka antusias bergabung dengan program ini karena bisa mendapatkan kesempatan promosi di kedua negara itu.

Ada lebih dari 100 mitra hotel yang tersebar di seluruh Indonesia yang berpartisipasi dan siap menampung para wisatawan dari Malaysia dan Singapura.

Sebagai dukungan tambahan, Kemenparekraf akan memasang papan iklan penawaran di lebih dari 30 titik billboard yang tersebar di lokasi-lokasi strategis di kedua negara tersebut di antaranya Orchad Road Singapura, Bukit Bintang Malaysia hingga Bandar Udara Internasional Changi dan Kuala Lumpur.

Sebagai salah satu perusahan Unicorn yang awalnya dirintis di Indonesia, Traveloka optimistis target untuk menggenjot jumlah wisatawan ke Tanah Air bisa dicapai.

Saat ini, ada 400.000 pengguna Traveloka di Malaysia dengan 10 persen transaksi hotel user di Malaysia adalah untuk destinasi Indonesia.

“Sementara untuk Singapura, 45 persen transaksi pelanggan setia Traveloka di Singapura adalah untuk hotel di Indonesia,” kata John.