Telkom Kembangkan Ekosistem Program Inkubasi Startup

0
36

Jakarta – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen mengembangkan ekosistem digital di Indonesia khususnya gim melalui program Indigo Game Startup Incubation.

“Program Indigo Game Startup Incubation merupakan salah satu langkah Telkom Indonesia dalam memajukan industri gim di Indonesia. Game will be the future of digital business, kami serius meningkatkan pertumbuhan di bisnis digital,” kata Direktur Digital Business Telkom Faizal Rochmad Djoemadi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (5/1).

Indigo Game Startup Incubation merupakan program inkubasi pertama untuk gim startup di Tanah Air, dan sudah berhasil menaikkan 10 gim startup hingga Desember 2019.

Program ini bertujuan membantu para game studio/game developer startup di Indonesia agar mereka dapat membuat gim terbaik serta menjadi pengembang yang dapat bertahan dan menguasai pasar industri gim di negeri sendiri.

“Kurangnya pengetahuan para game developer tentang industri gim serta kurangnya kemampuan dalam meraih target pasar yang dituju, menjadi kendala yang menyebabkan gim yang dihasilkan tidak dapat bertahan lama di industri,” ujarnya.

Untuk mengatasi permasalahan yang dialami para game developer startup di Indonesia, diperlukan sebuah wadah yang dapat menampung semua penyelesaian masalah tersebut. Wadah yang dimaksud ini adalah program Indigo Game Startup Incubation.

Pada tahun ini, Indigo Game Startup Incubation tahap kedua akan mengadakan roadshow ke lima kota besar di Indonesia mulai minggu kedua Februari 2020, yakni di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Malang, dan Surabaya.

Program ini merupakan hasil kerja sama antara Telkom Indonesia dengan PT Agate International yang berada dalam naungan Indigo Creative Nation.

Sementara itu, CEO PT Agate International Arief Widhiyasa mengatakan sudah saatnya Indonesia menjadi produsen dalam menghasilkan produk hasil sendiri ke dalam industri gim di Indonesia, tidak hanya menjadi konsumen yang menikmati produk dari luar.

“Program ini memberikan berbagai keuntungan bagi para game developer startup yang terpilih, seperti memperoleh dana pengembangan, panduan dari mentor yang berpengalaman dan ruang kerja bersama yang memudahkan untuk pengembangan game-nya agar tetap produktif,” ujar Arief.